Minggu, 07 Juli 2019

Nak!

Nak, kamu harus tumbuh menjadi seorang perempuan yang kuat dan cerdas. Dunia ini diisi penuh dengan orang-orang yang liar, buas dan terus lapar. Terutama lelaki itu. Kalau kamu tidak tangguh, mereka akan mudah membodohi, menipu, mengeksploitasi, memperalat, memperbudak, menjadikanmu mainannya, dan akhirnya mereka akan menginjak harga dirimu!

Nak, kamu harus terus belajar dan terus membaca. Hingga hati dan cakrawala pengetahuanmu menjadi melimpah dan semakin mendalam. Agar engkau menyadari segala kebodohan, kekonyolan, kebobrokan, kepalsuan dan semua kebrengsekan manusia di zaman yang penuh comberan ini!

Nak, kamu harus tahu, tidak ada yang paling mampu melindungimu selain dirimu sendiri. Jangan berharap kepada negara dan hukum undang-undangnya. Jangan berharap kepada para ustad, aktivis, politisi dan semua ceramah atau orasi-orasi takhayyulnya. Jangan berharap kepada siapapun! Di zaman ini, begitu banyak serigala berbulu domba, domba berhati serigala!

Nak, dunia sedang goncang. Dan di dalam goncangan itu, orang tidak bisa berdiri dengan tegak. Orang tidak bisa berpikir dengan jernih. Orang bertabrakan satu sama lain. Orang saling menginjak saling mencaci, bahkan ada yang saling membunuh. Dunia yang begitu ngeri menakutkan!

Nak, kamu perempuan. Dan perempuan tidak membutuhkan pengakuan dari siapapun untuk menjadi cantik. Sekali lagi, kamu harus cerdas dan ingat: laki-laki yang butuh menaklukkan perempuan untuk membuktikan kejantanannya hanyalah seekor pecundang!

Nak, kalau kamu tidak punya ibu yang berani mengatakan ini padamu, maka jadilah kelak seorang ibu yang akan mengatakan ini dengan tegas pada anak-anakmu dan kepada orang lain. Keep smile and destroy patriarchy. Fuck you!




#sabdaperubahan #jaahilmurokkab #dirjawiharja #maiyah #sufinesia #sufisme #tasawuf #filsafat #caknun #gusdur #gusmus #fahruddinfaiz #nahdatululama #ngajifilsafat #rumi #ngopi #sweetness #islamliberal #islammoderat #sufikiri #feminism

0 komentar:

Posting Komentar

Cermin

Cermin
 
© Copyright 2035 Jaahil Murokkab